Kriteria Hotel Ramah Anak untuk Liburan yang Nyaman

by - October 19, 2024

kriteria-hotel-ramah-anak


Merencanakan liburan keluarga tentu memerlukan perencanaan matang, terutama jika kita mengajak serta  anak-anak. 

Salah satu elemen terpenting yang harus dipikirkan adalah pemilihan hotel. Tidak semua hotel diciptakan sama, dan tidak semua hotel dirancang untuk menyambut tamu yang bepergian dengan anak-anak. 

Oleh karena itu, memilih hotel ramah anak biasanya jadi hal yang Bubu perhatikan untuk memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. 

Apa saja kriteria yang membuat sebuah hotel layak disebut ramah anak? 


1. Fasilitas Kamar yang Mendukung Keluarga

Salah satu faktor utama yang membedakan hotel ramah anak dengan hotel biasa adalah fasilitas kamar yang dirancang untuk kenyamanan keluarga. Hotel ramah anak biasanya menyediakan beberapa hal ini, seperti:

- Kamar luas

Kamar yang lebih besar memungkinkan anak-anak bermain atau bersantai tanpa merasa sesak.


- Kasur tambahan atau tempat tidur bayi

Banyak hotel yang ramah anak menawarkan opsi tambahan seperti kasur ekstra atau tempat tidur bayi yang aman untuk digunakan selama menginap.


- Fasilitas memasak 

Jika memiliki anak kecil apalagi yang masih ASI dan MPASI, kemungkinan besar kita perlu menyiapkan makanan dan susu di luar jam makan hotel. Beberapa hotel menyediakan dapur kecil di kamar atau microwave untuk memanaskan makanan. Nah, biasanya hotel-hotel yang memiliki dapur diserta peralatan masak merupakan hotel dengan tipe apartemen (hotel yang bergabung dengan apartemen). Bisa juga hotel yang menyediakan kamar tipe tinggi dengan fasilitas super lengkap,


- Kamar mandi dengan bathtub 

Bathtub sangat membantu ketika kita bepergian dengan anak kecil, karena memandikan anak di dalam bathtub jauh lebih mudah daripada di shower. Apalagi kalau masih bayi yang biasanya butuh dimandikan di bak atau ember khusus mandi bayi. Beberapa teman Bubu juga punya pengamanan memandikan bayinya di wastafel! :) Tapi pasti lebih nyaman di bathtub, ya. 

Jika anak sudah besar, sudah tidak masalah jika mandi shower. Namun kita pun harus memastikan jika lantai kamar mandi tidak licin dan tidak berbahaya bagi anak-anak.  


- TV dengan channel anak

Ada banyak hal yang bisa dilakukan keluarga saat staycation di hotel, termasuk nonton bareng di kamar. Bagi Bubu yang mengajak anak-anak ke hotel, penting juga nih kalau di dalam kamar hotel juga disediakan tv dengan pilihan channel-channel anak atau yang bermuatan edukasi. 


Baca Juga: The Onsen Hot Spring Resort, Penginapan Ala Jepang di Batu


 2. Fasilitas dan Layanan Khusus Anak

Hotel yang ramah anak biasanya menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang dirancang khusus untuk menghibur anak-anak, seperti:

- Kids club atau ruang bermain

Kids club adalah fasilitas di mana anak-anak dapat bermain, beraktivitas, atau belajar bersama teman sebayanya di bawah pengawasan staf hotel yang profesional. Kids club juga bisa memberikan kesempatan bagi orang tua untuk beristirahat sejenak. Namun biasanya kalau anak-anak main di kids club selalu Bubu dampingi juga. Jadi nggak lepas dari pengawasan Bubu.


- Kolam renang khusus anak

Kolam renang dangkal atau kolam renang yang didesain khusus untuk anak-anak merupakan hal yang penting. Kolam renang ini biasanya dilengkapi dengan permainan air seperti seluncuran atau air mancur yang tentunya akan membuat anak-anak senang. Apalagi kalau judulnya mau staycation di hotel dan nggak banyak aktivitas di luar hotel, pilihan hotel dengan kolam renang seperti mini waterpark bisa membantu banget untuk anak-anak jadi lebih nyaman di hotel.


- Area bermain indoor dan outdoor

Beberapa hotel memiliki taman bermain di dalam maupun di luar ruangan. Untuk playground di luar ruangan, Bubu kasih nilai plus pastinya karena anak-anak bisa berlari dan bermain sepuasnya. 


- Aktivitas ramah anak

Beberapa hotel juga menawarkan aktivitas khusus seperti art class, kegiatan olahraga, movie time atau bahkan pertunjukan anak yang bisa menghibur selama menginap. Bubu sekeluarga juga punya pengalaman anak-anak bisa beraktivitas di hotel dengan bermain ATV dan flying fox! Seru banget, ya, hotel yang punya aktivitas dna fasilitas tersebut.



3. Makanan dan Minuman untuk Anak-anak

Anak-anak bisa sangat pemilih soal makanan, terutama saat bepergian. Hotel ramah anak biasanya memperhatikan hal ini dengan menyediakan menu khusus anak di restoran mereka. Kriteria makanan yang ideal termasuk:

- Menu anak yang sehat dan bergizi

Menu anak biasanya terdiri dari makanan yang mudah disukai, seperti pasta, mie, nugget, atau sandwich, namun juga memperhatikan kesehatan dengan menyertakan sayur-sayuran dan buah-buahan segar.


- Menyediakan high chair dan peralatan makan khusus anak

High chair di restoran hotel membantu memberikan kenyamanan saat anak-anak makan, serta peralatan makan yang sesuai ukurannya.


- Area makan ramah keluarga

Beberapa hotel menyediakan area makan yang lebih santai dan cocok untuk keluarga, sehingga orang tua jadi nggak merasa khawatir anak-anak akan mengganggu tamu lain.


Baca Juga: Hotel Batu Wonderland Waterpark Resort


4. Keamanan Jadi Perhatian Utama

Aspek keamanan adalah hal yang sangat penting bagi keluarga yang bepergian dengan anak-anak. Hotel ramah anak akan memastikan lingkungan yang aman untuk anak-anak dengan cara:

- Proteksi di kamar dan fasilitas umum

Adanya penutup stop kontak, jendela dengan pengaman, dan pintu yang dapat dikunci dengan aman merupakan indikasi hotel yang memperhatikan keamanan anak.


- Petugas dan pengawasan di area bermain

Kids club, kolam renang, dan fasilitas bermain yang memiliki pengawasan ketat oleh staf yang terlatih jadi nilai tambah bagi hotel yang peduli akan keselamatan anak-anak.


- Akses mudah ke fasilitas kesehatan

Sebuah hotel ramah anak biasanya memiliki akses cepat ke rumah sakit atau klinik terdekat, serta menyediakan kotak P3K di berbagai titik penting di area hotel.


Baca Juga: Aryaduta Lippo Village, Hotel dengan Nuansa Bali di Tangerang


5. Bebas Asap Rokok!

Menurut Bubu, hotel yang ramah anak juga hotel yang bebas asap rokok di seluruh lingkungan hotel!

Menjaga kesehatan anak salah satunya dengan menghindarkan anak dari paparan asap rokok. Makanya Bubu sangat mengapresiasi jika ada hotel yang memiliki aturan soal bebas asap rokok ini. 

Seperti halnya di rumah sakit dan sekolah, hotel sebenarnya bisa banget memberlakukan aturan ini jika memang concern dengan kesehatan para tamu, terutama anak-anak. 


6. Lokasi Hotel yang Mendukung Kegiatan Keluarga

Lokasi hotel juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat berlibur bersama anak-anak. Hotel ramah anak biasanya berada di lokasi strategis, dekat dengan tempat-tempat wisata keluarga seperti taman bermain, kebun binatang, atau taman air. 

Selain itu, akses mudah ke fasilitas umum seperti supermarket, minimarket, mal, rumah sakit, dan  apotek juga menjadi nilai tambah, terutama jika kita membutuhkan sesuatu untuk anak-anak dengan cepat.


Baca Juga: The Margo Hotel Depok


7. Staf yang Ramah dan Terlatih untuk Melayani Keluarga

Staf hotel yang ramah dan terlatih untuk melayani keluarga adalah salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan saat menginap di hotel ramah anak. 

Staf yang terbiasa menghadapi keluarga dengan anak-anak biasanya lebih sabar, komunikatif, dan siap membantu dengan kebutuhan khusus anak-anak, seperti mempersiapkan tempat tidur bayi atau memberikan saran mengenai aktivitas anak yang tersedia di hotel.


8. Memiliki Paket Harga untuk Keluarga

Hotel ramah anak juga seringkali menawarkan paket keluarga dengan harga yang lebih terjangkau. Paket ini biasanya sudah mencakup kamar, fasilitas ekstra seperti sarapan untuk anak-anak, akses ke kids club, atau diskon khusus untuk aktivitas tertentu. 


Baca Juga: Staycation di Prime Plaza Hotel Purwakarta


Memilih hotel ramah anak memang memerlukan lebih banyak pertimbangan dibandingkan memilih hotel biasa, tapi manfaatnya akan sangat besar terutama demi kenyamanan kita sebagai orang tua dan anak-anak. 

Hotel yang dirancang untuk kenyamanan dan keamanan anak-anak dapat memberikan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.


Next, mau menginap di hotel mana lagi, ya?



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar