SD Muhammadiyah Gantong Belitung, Sekolah Laskar Pelangi

by - September 13, 2024

sd-muhammadiyah-gantong-belitung-sekolah-laskar-pelangi

Bagi Manteman yang mengikuti cerita Laskar Pelangi dan kisah-kisah selanjutnya, pasti udah nggak asing lagi sama sekolah Ikal dan teman-temannya menuntut ilmu.

Yap, ini dia SD Muhammadiyah Gantong, tempat Bu Muslimah mengajar Ikal dan para Laskar Pelangi lainnya, yaitu Lintang, Sahara, Mahar, Syahdan, A Kiong, Borek, Kucai, Trapani, dan Harun. Hayooo, masih pada inget nggak sama karakter-karakter ini? :D

Setelah buku dan film Laskar Pelangi populer, beberapa tempat syuting yang berlokasi di Belitung pun sepertinya menjadi destinasi wajib para wisatawan yang berlibur ke Belitung.

Nah, pada tahun 2017, Bubu berkesempatan untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata ikonik di Pulau Belitung, yaitu replika SD Muhammadiyah Gantong, yang digambarkan di  film Laskar Pelangi tersebut. 

Tempat ini sangat menarik perhatian bukan hanya karena kepopulerannya sebagai latar film, tetapi juga karena aura inspiratif yang ditinggalkannya dari cerita tentang anak-anak Laskar Pelangi yang penuh semangat dalam mengejar pendidikan. Bikin terharu banget, kan,  perjuangan mereka buat sekolah…


sekolah-laskar-pelangi


Mengunjungi Replika SD Muhammadiyah Gantong

Tempat wisata SD Muhammadiyah Gantong ini memang bukan tempat aslinya, ya. Bangunan sekolah yang Bubu kunjungi ini adalah replika atau tiruannya yang menjadi destinasi wisata. 

Saat Bubu dan rombongan tur sampai di sekolah ini, langit terlihat mendung. Asli, takut banget hujan karena di sini lebih banyak bagian outdoor-nya. Tapi ternyata alhamdulillah sampai waktu tur berakhir nggak hujan sama sekali. :) 


tempat-wisata-belitung-sekolah-laskar-pelangi


sd-muhammadiyah-gantong-belitung-sekolah-laskar-pelangi


Bangunan sekolah terbuat dari kayu dengan dinding yang sudah tampak tua dan lapuk. Hal ini tentunya memberikan gambaran nyata tentang kondisi sekolah di desa-desa terpencil pada masa itu. 

Apalagi di bagian salah satu ujungnya juga ada bongkahan kayu yang ceritanya menahan dinding bangunan sekolah. 

Jadi kebayang, kan, ya, betapa SD Muhammadiyah Gantong di Belitung ini memang sekolah sederhana. Bahkan disebut-sebut mirip kandang… :(


Baca Juga: Pesona Danau Kaolin Belitung


Hal Menarik di Sekolah Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah Gantong Belitung

Meskipun hanya replika, sekolah ini dibangun semirip mungkin dengan yang aslinya. Sekolah ini juga lengkap dengan papan nama sekolah yang terpampang jelas. 

Di depan bangunan sekolah pun ada tiang bendera, lengkap dengan bendera merah putihnya. 

Nah, di spot tiang bendera ini Bubu dan teman-teman rombongan tur sempat bikin dokumentasi foto di mana kami semua berjajar rapi sambil hormat ke bendera. Buat Manteman yang ke sana bisa juga nih hal itu jadi ide buat dokumentasi Manteman… :D


sd-muhammadiyah-gantong-belitung-sekolah-laskar-pelangi


Oiya, selain ada tiang bendera di luar bangunan sekolah, di bagian dalam sekolah juga berjejer beberapa kursi, meja, dan ada juga papan tulis. Memang replikanya dibuat seolah-olah seperti sekolah beneran, kan. 

Seperti halnya bagian luar yang beralaskan pasir, seperti pasir di pantai, bagian dalam ruang kelas pun juga berpasir. Tanpa keramik, replika sekolah ini dibuat apa adanya mengikuti kenyataan yang dialami Ikal atau Andrea Hirata sendiri, penulis buku Laskar Pelangi.


ruang-kelas-sekolah-laskar-pelangi


Satu hal menarik lainnya, setelah Bubu cari tahu ternyata SD Muhammadiyah Gantong Belitung yang Bubu kunjungi ini bukan lokasi syuting asli film Laskar Pelangi. Lokasi syutingnya di sekolah beneran, yaitu SD Negeri 9 Gantung yang sampai sekarang masih beroperasi. 

Namun, untuk lebih dekat dengan masyarakat, akhirnya dibuatlah replika sekolah Ikal dan teman-temannya ini. Awalnya juga replika sekolah Laskar Pelangi bukan di tempat wisata yang sekarang. Sempat beberapa kali pindah, akhirnya berada di lokasi  saat ini. 

Nah, untuk lokasinya sendiri, Manteman bisa cek di Google Maps dengan keyword “Desa Wisata Replikasi Rumah Laskar Pelangi Desa Lenggang.”


sekolah-laskar-pelangi-belitung


Namanya juga desa wisata, berbagai fasilitas juga sudah tersedia untuk para pengunjung. Saat Bubu ke sana sudah ada toilet, mushola, dan beberapa kedai yang menjual makanan dan minuman. 

Dekat dengan sekolah replika juga ada tempat wisata lain, yaitu Rumah Keong Belitung dan Dermaga Kirana. Tinggal nyebrang dan jalan sebentar aja sudah sampai.

Dan buat pencinta novel dan film Laskar Pelangi juga dari sekolah ini bisa langsung berkendara sekitar 5 menit saja untuk sampai ke Museum Kata Andrea Hirata. Menarik banget, kan. Tempat wisata yang bisa dikunjungi berdekatan dengan Sekolah Laskar Pelangi ini… :)

Untuk bisa merasakan langsung gimana berada di sekolah sederhana namun melahirkan murid yang berprestasi dan berdaya juang tinggi ini pun sangat terjangkau, lho. 

Biaya masuknya kalau nggak salah antara Rp3000,- sampai Rp5000,- aja. Selain itu ditambah tiket parkir kendaraan, ya. 


Baca Juga: Pantai Tanjung Tinggi Belitung


Berkunjung ke replika SD Muhammadiyah Gantong adalah perjalanan penuh makna dan inspirasi. 

Bagi pecinta film Laskar Pelangi maupun mereka yang tertarik dengan sejarah dan pendidikan di Indonesia, tempat ini menawarkan pengalaman yang mendalam. 

Dengan bangunan yang sederhana namun sarat makna, sekolah ini mengingatkan kita akan pentingnya semangat, tekad, dan pendidikan dalam mencapai mimpi. Gimana? Tertarik juga nggak buat mengunjungi sekolah ini? Kalau ada yang sudah pernah ke sana, yuk, share pengalaman kamu juga… :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney

Related Posts

2 komentar

  1. Aku waktu itu ga turun dr bus. Liatin temen2 aja, Krn panasnya gilaaaaa 🤣🤣🤣🤣. Ditambah pas outing kesana aku LG hamil mba, JD ga sanggub kalo hrs kena panas. Tp dr foto2nya udh menarik kok. Liat beberapa temen ada foto juga di depan tiang bendera. Pengen bgt sih ke Belitung lagi ajak anak2 ntr

    ReplyDelete
  2. Aah, ternyata ini replika SD Muhammadiyah Gantong yaa..
    Dan mashaAllaa~ lokasi aslinya masih digunakan anak-anak untuk belajar. Ini bikin semangat yaa.. pda mengidolakan Ikal, dkk.

    ReplyDelete