Menikmati Pantai Tanjung Pendam Belitung Saat Siang Hari

by - September 14, 2024

pantai-tanjung-pendam-belitung


Asli, sih, Pulau Belitung benar-benar punya banyak wisata pantai yang nggak pernah gagal memukau para wisatawan, termasuk juga Bubu. Setelah ke Pantai Tanjung Tinggi di mana terdapat banyak batu granit raksasa, Bubu pun sempat juga berkunjung ke pantai lainnya di Belitung. 

Nah, salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berada di Belitung adalah Pantai Tanjung Pendam. Lokasinya strategis banget, berada tepat di pusat Kota Tanjung Pandan. Karena itulah akses ke pantai ini sangat mudah dan jadi salah satu destinasi favorit warga lokal juga. 


Suasana Siang yang Tenang di Pantai Tanjung Pendam Belitung

Pantai Tanjung Pendam jadi destinasi di hari terakhir Bubu ketika berada di Tanah Laskar Pelangi. Sebelum ke Danau Kaolin dan lanjut ke bandara untuk kembali ke Jakarta, Bubu dan rombongan tur mampir dulu main di pantai ini. 

Ya, meski nggak sampai main air dan hanya menikmati suasana di pinggiran pantai aja, tapi Bubu ngerasa pantai ini punya keunikannya tersendiri.

Bubu dan teman-teman tur tiba di Pantai Tanjung Pendam pada saat menjelang siang. Untungnya kala itu sinar matahari belum terlalu terik. Dan di pinggir pantai ada banyak pepohonan rimbun yang bisa jadi tempat berteduh. 


pantai-tanjung-pendam-belitung

pantai-tanjung-pendam-belitung


Pantai Tanjung Pendam memiliki hamparan pasir putih. Selain itu, hal yang Bubu suka juga dari pantai ini adalah adanya pohon yang berada menjorok ke laut. Baguuuus banget, sih, view pohon dengan bagian bawahnya sudah tersapu oleh air laut. :) 

Suasana di sekitar pantai sepi dan tenang sekali. Mungkin karena waktunya masih siang, ya, jadi memang nggak banyak wisatawan yang ada di Pantai Tanjung Pendam. 

Oiya, ombak di pantai ini pun tenang dan sepertinya boleh berenang di pinggiran pantainya. Kalau Bubu memang termasuk suka sama pantai yang ombaknya seperti ini. Nggak terlalu deg-degan gitu, lho. Lagipula Bubu memang bukan anak pantai. Tapi masih bisalah menikmati suasananya, apalagi kalau pantainya sepi gini hehe… 


Sunset yang Menawan di Pantai Tanjung Pendam Belitung

Pantai Tanjung Pendam Belitung ini sebenarnya memang lebih terkenal karena keindahannya saat senja. Banyak wisatawan yang datang di sore hari untuk menikmati matahari terbenam di sini, dan suasana akan berubah lebih ramai seiring dengan berjalannya waktu.

Berdasarkan pengalaman dan cerita para wisatawan lain yang Bubu baca di Google Review, Pantai Tanjung Pendam menjadi tempat warga lokal bersantai dan menikmati senja bersama matahari terbenam. 

Banyak pengunjung yang sengaja datang menjelang senja, baik bersama teman-teman, keluarga, atau bahkan sendiri, untuk menikmati indahnya panorama alam di sana. 

Nah, sembari menunggu sunset, Manteman juga bisa berjalan-jalan santai di sepanjang pantai atau sekadar duduk-duduk di gazebo yang tersedia.


Baca Juga: Tips Anti Mabuk di Kapal Laut


Fasilitas di Pantai Tanjung Pendam Belitung

Bubu ke pantai ini pada tahun 2017. memang sudah lama, ya. Jadi seingat Bubu kala itu memang fasilitas yang ada nggak terlalu memadai. 

Nah, namun saat ini yang Bubu lihat Pantai Tanjung Pendam sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pengunjung. 

Ada beberapa warung makan dan kafe di sekitar pantai yang menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman. Selain itu, tersedia juga area parkir yang cukup luas serta fasilitas toilet umum yang cukup bersih. 

Ada juga beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan laut.


pantai-tanjung-pendam-belitung


Untuk Manteman yang datang berlibur ke pantai ini bersama keluarga, Pantai Tanjung Pendam juga menyediakan area bermain anak-anak. Jadi, selain menjadi tempat yang cocok untuk bersantai, pantai ini juga ramah bagi anak-anak yang ingin bermain di tepi pantai.

Di pinggiran pantainya Bubu juga melihat di berbagai foto sudah lebih tertata rapi dibanding saat Bubu ke pantai ini beberapa tahun lalu.  Dan tentu saja ada juga beberapa spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung. 


Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Pendam Belitung

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pendam. Selain menikmati sunset, kita juga bisa berjalan-jalan santai di sepanjang garis pantai atau bermain pasir. Bagi yang suka berolahraga, pantai ini juga sering menjadi tempat jogging atau bersepeda santai.

Jangan lupa juga untuk ambil dokumentasi sebanyak-banyaknya di berbagai spot pantai ini, ya. 

Buat yang mau bengong di Pantai Tanjung Pendam ini juga bisa jadi tempat yang cocok… Hehehe… Apalagi pas pantainya lagi sepi seperti saat Bubu ke sana… :D 


Baca Juga: Tempat Wisata di Natuna


Pulau Kecil di Seberang Pantai Tanjung Pendam Belitung

Oiya, salah satu daya tarik lainnya dari Pantai Tanjung Pendam adalah adanya sebuah pulau kecil yang bisa terlihat dari kejauhan. 

Pulau ini memberikan pemandangan yang indah dan menambah kesan eksotis dari pantai ini. Meski jaraknya nggak terlalu dekat, pemandangan pulau tersebut sering menjadi latar belakang foto-foto pengunjung yang ingin mengabadikan momen indah di sini.

Setelah Bubu baca-baca referensi, pulau kecil yang terlihat dari Pantai Tanjung Pendam Belitung itu disebut sebagai Pulau Kalimuak. 


pulau-kalimuak-pantai-tanjung-pendam-belitung


Di pulau itu terdapat kuil tempat beribadah umat Budha. Jadi pulau kecil ini sebenarnya bukan pulau untuk tujuan wisata, ya, tapi untuk tempat beribadah. Kuil Budha di Pulau Kalimuak sendiri dibangun pada tahun 2018.

Menariknya lagi ada mitos juga yang sudah berkembang sejak dulu kalau Pulau Kalimuak disebut-sebut sebagai penangkal sihir. Jadi kalau ada yang mengirim sihir ke Pulau Belitung nggak akan sampai karena terserap di Pulau Kalimuak itu. 


Baca Juga: SD Muhammadiyah Gantong Belitung, Sekolah Laskar Pelangi


Lokasi Pantai Strategis, Dekat dengan Pusat Kota

Salah satu keunggulan dari Pantai Tanjung Pendam memang lokasinya yang sangat dekat dengan pusat kota Tanjung Pandan, ibukota Kabupaten Belitung. 

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit berkendara untuk mencapai pantai ini.

Nah, bagi wisatawan yang baru tiba atau yang hendak pulang, pantai ini bisa menjadi destinasi wajib, terutama karena lokasinya yang sangat strategis.

Bubu sendiri mengunjungi Pantai Tanjung Pendam sebelum berangkat ke bandara untuk kembali ke Jakarta. Dan Bubu pikir ini jadi cara yang tepat untuk menghabiskan waktu santai sebelum kembali ke rutinitas. Manteman juga bisa berkunjung ke pantai ini di penghujung perjalanan wisata dan mengakhiri liburan dengan suasana yang damai bersama pantai yang tenang. :) 

Buat Manteman yang lagi ada rencana liburan ke Belitung, bisa cek rekomendasi liburan lainnya di Belitung di blog Bubu, ya. 

Nah, siapa tahu ada juga Manteman yang mau jalan-jalan ke Malang, langsung aja cek blog Mba Ulfi soalnya ada banyak rekomendasi liburan di sana, termasuk Taman Rekreasi di Malang yang Affordable

Yuk, jom rencanakan liburan kamu dan keluarga dari sekarang! :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar