Menyusuri Batu Granit Raksasa di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

by - September 08, 2024

pantai-tanjung-tinggi-belitung


Film Laskar Pelangi yang mengangkat kisah inspiratif anak-anak sekolah di Belitung dan ditayangkan tahun 2008 membuat Belitung menjadi tempat wisata yang makin populer. 

Karena film ini, Belitung semakin diperhitungkan sebagai destinasi andalan di negeri ini serta masuk dalam tujuan atau destinasi wisatawan, seperti halnya Bubu… :D 

Berbagai lokasi syuting di film tersebut akhirnya makin ramai dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi Belitung. Pantai ini bahkan disebut juga sebagai Pantai Laskar Pelangi karena saking ikoniknya. :) 

pantai-tanjung-tinggi-belitung-laskar-pelangi

pantai-tanjung-tinggi-belitung-batu-granit

Akhirnya, jeda 9 tahun dari pertama kali Film Laskar Pelangi muncul, pada tahun 2017, Bubu berkesempatan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi.

Ketika tiba di pantai ini, Bubu langsung disambut oleh batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khas utama Pantai Tanjung Tinggi dan juga hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.


Pesona Batu Granit Raksasa di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Ya, keunikan Pantai Tanjung Tinggi memang terletak pada formasi batu-batu granit besar yang tersebar di sepanjang garis pantainya.

Batu-batu granit ini tidak hanya besar, tetapi juga terbentuk dengan susunan yang sangat artistik. Masya Allah banget, deh, view Pantai Tanjung Tinggi dengan batu-batu besar ini. 

Ukuran batunya pun juga beragam, dari yang kecil hingga yang sangat besar dan tinggi, bahkan ada yang mencapai 5 meter.

Fenomena adanya batu granit di Pantai Tanjung Tinggi ini sebenarnya hasil dari proses geologi yang terjadi jutaan tahun yang lalu. 

Batu-batu tersebut terbentuk akibat proses erupsi vulkanik dan pengikisan alami oleh air laut serta angin. Proses erosi dan abrasi oleh angin dan ombak selama jutaan tahun membentuk batu-batu granit menjadi berbagai bentuk yang unik dan menarik.

pantai-tanjung-tinggi-belitung


batu-granit-di-pantai-tanjung-tinggi-belitung


pantai-tanjung-tinggi-belitung


Selain mempesona secara visual, batu-batu ini juga memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung. Bubu pun dengan teman-teman rombongan open trip yang berwisata ke tempat ini  bahkan sempat memanjat beberapa batu. Sempat juga kami memanjat di batu besar sampai di puncak. 

Wah, pemandangan yang terbentang di depan mata benar-benar luar biasa. :) Sampai terharuuuu Bubu, tuh. Apalagi Bubu di sana menjelang sunset. Bagus banget! 

Tapi memang untuk memanjat batu-batu ini mesti hati-hati banget, ya. Karena Bubu traveling ke sini dengan travel guide warga lokal, jadi Bubu ngikutin banget sesuai arahan dari travel guide. :) 

Oiya, selain di Pantai Tanjung Tinggi, batuan granit ini juga tersebar di berbagai tempat di Belitung, ya. Tapi memang yang paling ikonik karena sempat dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi, ya, di Pantai Tanjung Tinggi ini. 


Baca Juga: Tempat Wisata di Natuna


Biaya Masuk Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Untuk jam operasional pantai ini sepengetahuan Bubu 24 jam. Jadi kita bisa main ke pantai saat kapan saja. Namun, paling pas tentunya saat pagi dan sore hari menjelang sunset, ya. 

Ketika mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi pada tahun 2017, karena Bubu bersama rombongan tour, jadi tiket masuk wisata sudah termasuk ke dalam biaya paket tour. 

Nah, setelah Bubu cari tahu untuk saat ini berikut harga tiket masuk Pantai Tanjung Tinggi Belitung:


HTM wisatawan Rp10.000/orang

Parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,-

Parkir kendaraan roda empat Rp 5.000,-


Dengan harga tiket masuk tersebut ditambah biaya parkir kalau menurut Bubu worth it banget, ya. Apalagi di tempat wisata ini ada beberapa aktivitas juga yang bisa dilakukan. 


Baca Juga: Pesona Dana Kaolin Belitung


Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi, baik yang bersifat relaksasi maupun yang sifatnya lebih aktif menggunakan fisik. Beberapa aktivitas tersebut di antaranya adalah:


1. Berenang & Snorkeling

Air laut di Pantai Tanjung Tinggi cukup jernih dan tenang, sehingga aman untuk berenang. Kita bisa berenang di area dangkal yang cukup luas dan bebas dari ombak besar.

Saat di sana Bubu juga melihat beberapa anak-anak yang asyik berenang bersama. Bener, sih karena terhalang batu-batu granit jadi di beberapa spot berenang memang nggak berombak dan airnya tenang gitu. 

Manteman juga bisa membawa alat snorkeling. Jadi sambil berenang bisa sekalian snorkeling juga di sini.

   

2. Naik Perahu

Saat Bubu di sana juga melihat ada yang sedang naik perahu. Nah, Bubu nggak sempat nanya apakah itu memang wisatawan yang sedang plesir naik perahu atau warga lokal yang memang seorang nelayan. Tapi seru banget kalau bisa naik perahu di sekitar pantai ini! 

   

3. Memanjat Batu Granit

Seperti yang Bubu lakukan, ini aktivitas terseru di Pantai Tanjung Tinggi! Hihihi… Bagi Manteman yang suka tantangan, cobalah memanjat beberapa batu granit di sini. 

Dari puncaknya, kita akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda untuk menikmati keindahan pantai ini. Namun, perlu hati-hati karena beberapa batu bisa licin terutama setelah hujan.


batu-granit-raksasa-di-pantai-tanjung-tinggi-belitung


4. Menikmati Sunset

Dan ini dia, salah satu momen terbaik yang bisa kita saksikan di Pantai Tanjung Tinggi, saat matahari terbenam. Matahari yang tenggelam di balik batu-batu granit besar ini menciptakan pemandangan yang sangat romantis dan menenangkan. :) 

sunset-di-pantai-tanjung-tinggi-belitung

sunset-di-pantai-tanjung-tinggi-belitung


5. Bersantai di Pantai

Kalau cuma mau santai di pinggir pantai juga bisa banget, lho. Pas Bubu datang pantai ini juga nggak terlalu ramai, jadi cocok untuk kita yang ingin mencari ketenangan. Selain itu di beberapa sudutnya kalau sedang air surut kita bisa berada di antara pasir dan batu-batu granit. Baguuusss banget!


Baca Juga: Museum Kata Andrea Hirata Belitung


pantai-tanjung-tinggi-belitung


Pantai Tanjung Tinggi pastinya bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Belitung. Keindahan alamnya yang begitu eksotis, ditambah dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan, membuat pantai ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati liburan di Belitung. :) 



Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Aku ngebayangin sebesar apa letusannya dulu sampe batu2nya aja Segede ini ya mba. Ngeriiii 😱. Tapi setidaknya kita skr udh bisa menikmati dalam bentuk Bayu yg sudah halus dan cantik .

    Ini salah satu pantai fav ku juga pas ke Belitung dulu

    ReplyDelete