Wellness Festival 2024: Traveling Nyaman, Oleh-Oleh Aman. Ketahui Aturan Membawa Barang Jastip dari Luar Negeri!

by - August 08, 2024

 

wellness-festival-2024


Liburan sambil berburu barang-barang unik dari luar negeri memang menyenangkan. Namun, bagi para penggemar jasa titip (jastip), membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak seringkali menjadi dilema. 

Bagaimana cara membawa barang hasil jastip agar tetap aman dan tidak melanggar aturan? Terutama untuk barang seperti obat bahan alam (oba) dan suplemen kesehatan yang dikonsumsi serta kosmetik yang digunakan langsung di kulit. 

Nah, pada Wellness Festival 2024 atau Wellfest 2024 dengan tema "Natural, Beauty, and Wellness", Bubu jadi tahu, nih, soal ketentuan dan aturannya. 

Sebelum bahas hal tersebut, Bubu ceritakan dulu secara umum, ya, soal Wellness Festival 2024. Ini kali pertama Bubu menghadiri Wellness Festival dan takjub banget sama festival ini! 

Wellness Festival 2024 ternyata diadakan dalam menjawab kebutuhan masyarakat tentang wellness lifestyle pasca pandemi covid-19. 

Wellfest 2024 yang berlangsung di Central Park Jakarta pada 2-4 Agustus 2024 menjadi event di mana masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang wellness lifestyle. 

Pengunjung juga bisa membeli dan mencoba produk serta layanan beauty dan wellness yang aman dan bermutu, serta melakukan berbagai aktivitas yang sehat dan menyenangkan.

Event Wellness Festival 2024  ini didukung penuh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai inisiator kegiatan, di mana BPOM selalu mendorong pelaku industri kategori obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik untuk menyediakan produk yang kompetitif yang bisa diterima bagi konsumen, seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap produk wellness.


Talkshow “Kenali Ketentuan Pemasukan Produk Obat Bahan Alam, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik dari Luar Negeri: Traveling Nyaman, Oleh-oleh Aman”

Salah satu kegiatan di Wellness festival 2024 adalah talkshow dengan berbagai tema dan narasumber. Nah, pas banget nih Bubu menghadiri Wellness Festival 2024 di hari terakhir dan mengikuti talkshow terakhir. 

Talkshow ini bertema “Kenali Ketentuan Pemasukan Produk Obat Bahan Alam, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik dari Luar Negeri: Traveling Nyaman, Oleh-oleh Aman.” Menarik banget, kan, ya tema talkshow-nya. :) 

Pas banget dengan tema blog traveling Bubu dan bisa jadi informasi juga buat pembaca blog Bubu yang suka keluar negeri dan ada rencana membawa obat bahan alam, suplemen kesehatan atau kosmetik dari luar negeri ke Indonesia. 

Sebenarnya seperti apa aturannya? 

Di talkshow kali ini yang dipandu moderator Mba Chika Audika, ada 3 narasumber yang hadir, yaitu:

- Ibu Rustyawati, Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan BPOM

- Bapak Mozana Sirait, Kepala Balai Besar BPOM Serang

- Ibu Andita Nur Arifah, Customs Clearance and Export Import Regulatory Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia)


wellness-festival-2024

wellness-festival-2024


Jujur, Bubu sendiri belum pernah membawa atau mengirim obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik dari luar negeri ke Indonesia. Dibanding dengan barang dari dalam negeri, tentunya pengawasan dan pengujian barang-barang impor memiliki alur yang lebih rumit. 

Meski demikian, BPOM berkomitmen untuk menjaga yang masuk ke Indonesia sudah aman sampai di tangan masyarakat. 

Karena itulah BPOM melakukan Full Spectrum Control untuk barang-barang tersebut dengan pengawasan dan pengujian. Pengawasan dilakukan pada importir, inspeksi sarana importir, sarana distribusi. Sedangkan pengujian dilakukan juga pada sampel produk. 

Jika dinilai sudah aman, BPOM akan mengeluarkan Nomor Izin Edar atau (NIE) dan Surat Keterangan Impor (SKI).

Dengan mengantongi NIE dan SKI, obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik impor bisa diedarkan secara luas ke masyarakat. 

Nah, jika bukan untuk kepentingan komersial, obat dan makanan dari luar negeri bisa masuk ke Indonesia dengan menggunakan Special Access Scheme atau SAS.

Special Access Scheme (SAS) ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan:

1. Penggunaan pribadi dengan pertimbangan tenaga kesehatan atau tanpa pertimbangan tenaga kesehatan.

2. Penelitian.

3. Pengembangan produk atau ilmu pengetahuan.

4. Donasi.

5. Sampel untuk registrasi/pendaftaran izin edar.

6. Uji klinik untuk persyaratan pendaftaran, pengembanagn produk, dan ilmu pengetahuan. 

7. Program pemerintah.

8. Kepentingan nasional yang mendesak.

9. Penggunaan khusus untuk pelayanan kesehatan yang belum dapat diproduksi di Indonesia. 

10. Pameran


Sementara itu ada 3 ketentuan pemasukan obat bahan alam dan suplemen kesehatan melalui barang kiriman dan barang bawaan penumpang, yaitu:

- Diperuntukkan penggunaan pribadi

- Dalam jumlah terbatas

- Tidak diperjualbelikan


Nah, penasaran untuk jumlahnya sendiri aturannya berapa banyak? Cek di bawah ini, ya!


Aturan Jastip Obat Bahan Alam, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik dari Luar Negeri

Nggak bisa dipungkiri kalau sekarang fenomena jastip atau jasa titip barang dari luar negeri ke Indonesia makin gencar. Tak hanya produk fashion, tapi juga obat, kanan, dan kosmetik. 

Untuk batasan obat bahan alam (obat tradisional) dan suplemen kesehatan yang diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia melalui barang kiriman dan bawaan penumpang adalah sejumlah:


Maksimal 5 pc per penerima/penumpang untuk setiap jenis produk.

 

wellness-festival-2024


Sedangkan ketentuan Special Access Scheme (SAS) Kosmetik adalah sebagai berikut:

- Riset : Sesuai proposal /protokol penelitian

- Registrasi : Max. 2 pcs/item untuk masing-masing kemasan (keperluan sampel pengujian)

- Pameran : Max. 10 pcs/item produk untuk masing-masing kemasan. 

- Pribadi : Max. 20 pcs per penumpang/penerima


Kalau Manteman lihat ternyata jumlahnya memang sedikit dan sangat dibatasi, ya. Namun hal tersebut ada alasan rasionalnya.

“Barang tersebut dibatasi agar masyarakat bisa lebih banyak menggunakan produk lokal. Sekarang produk-produk lokal tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Sudah saatnya mencintai produk dalam negeri kita,” ujar Ibu Rustyawati. 

 

wellness-festival-2024


Ya, untuk menjaga produk lokal, maka obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik dari luar negeri memang jumlahnya dibatasi terutama untuk penggunaan pribadi. 

Sedangkan Bapak Mozana Sirait juga menambahkan, 

“Pemerintah sudah berupaya untuk melakukan pengaturan pemasukan barang impor agar dipatuhi bersama. Jika ada yang belum dipahami, Anda bisa langsung tanyakan ke sumber resminya, yaitu BPOM.” 

wellness-festival-2024


Untuk pengiriman barang dari luar negeri ke dalam negeri sendiri prosesnya menurut Ibu Andita dari Asperindo tidaklah sulit. Apalagi sekarang sudah terdigitalisasi. Jadi tinggal isi formulir dan akan diproses. 

“Jangan takut untuk melakukan proses impor ekspor. Prosesnya akan dibantu oleh jasa pengiriman yang Anda tunjuk nantinya,” ujar Ibu Andita. 

 

wellness-festival-2024

Setelah itu BPOM dan Asperindo juga tentunya bekerjasama dengan Bea Cukai dalam perihal barang impor yang masuk ini. 

Dari talkshow ini, Bubu jadi nggak bingung lagi kalau mau bawa obat bahan alam, suplemen kesehatan atau kosmetik dari luar negeri. Terutama Terkait jumlahnya yang memang sangat dibatasi, ya. 


Wellness Festival 2024, Merayakan Gaya Hidup Sehat 

Usai mengikuti talkshow tentunya Bubu nggak langsung pulang, dong. Di Wellness Festival 2024 selain ada acara talkshow juga ada banyak banget booth sponsor acara dari 4 kategori berikut :

- Kecantikan dan perawatan tubuh (kosmetik, skincare, body care, essential oil, klinik kecantikan).

- Kesehatan (vitamin & suplemen kesehatan, obat bahan alam (massage oil, aromatherapy, herbal drink), obat kuasi, bahan baku obat bahan alam).

- Wellness Lifestyle (pengobat tradisional, pusat kebugaran, Spa & Wellness Center).

- Wellness Tourism.


wellness-festival-2024


Bubu sempat berkunjung juga ke booth BPOM tentunya. Ada juga beberapa booth yang menyediakan konsultasi gratis dalam memilih kosmetik dan obat yang aman hingga booth yang ada aktivitas bermain games dan mendapat hadiah! 🙂

Salah satu booth yang Bubu datangi bahkan memberi produk gratis hanya dengan memfollow akun Instagramnya saja. Seru banget, kan! 

wellness-festival-2024

wellness-festival-2024

wellness-festival-2024


Bukan hanya di bagian dalam mal Central Park, booth juga berada di bagian luar mal, dekat Tribeca Park. Nah, di bagian outdoor ini jugalah ada panggung musik.

Nggak tanggung-tanggung, sih, selama 3 hari penyelenggaraannya, Wellness Festival 2024 menghadirkan musisi papan atas Indonesia, Krisdayanti, Ghea Indrawari, dan Bilal Indrajaya. Selain itu acara ini juga dimeriahkan live performance dari beberapa musisi band.

wellness-festival-2024


Manfaat Mengikuti Wellness Festival 2024

Selain sebagai ajang untuk bersenang-senang, Wellfest 2024 juga memberikan banyak manfaat bagi para pengunjung, di antaranya:

  • Mendapatkan inspirasi untuk hidup lebih sehat: Melalui berbagai aktivitas dan informasi yang disajikan, pengunjung dapat memperoleh inspirasi untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menemukan produk-produk kesehatan dan kecantikan alami: Wellness Festival  2024 menjadi tempat yang tepat untuk menemukan produk-produk berkualitas yang aman dan efektif untuk digunakan.
  • Menjalin relasi dengan komunitas: Pengunjung dapat bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, sehingga dapat saling memotivasi dan berbagi pengalaman. Bubu juga sempat bertemu dengan komunitas blogger di acara ini. :) 

wellness-festival-2024


Untuk Manteman yang mau tahu lebih lengkap tentang Wellness Festival 2024, bisa langsung cek melalui website www.wellfest.id dan Intagram @indowellfest, ya… :) 


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

3 komentar

  1. Aku tuh kalo cocok ama produk lokal, udh pasti pake lokal mba. Apalagi murah. Masalahnya sebelum ini aku sering coba lokal produk skincare, tp memang ga cocok. Apalagi kulitku kan sensitif ya. Ga bisa sembarangan. Skr ini udh hampir 4 thn cocok ama skincare Korea. Jd memang aku selalu pake itu. Pas ke Korea dulu aku sekalian beli tuh, tp murni utk pribadi. Jadi jumlahnya per item palingan juga 3. Soalnya kan di Indonesia pun udh dijual, hanya saja lbh mahal.

    Aku jastip itu udh kapok sih. Cukuplah pas ke amerika kemarin. Udh ga mau lagi dititipin 🤣🤣. Ga bisa nikmatin liburan jadinya 😂

    ReplyDelete
  2. Kini semakin menjamur produk kesehatan dan kecantikan loka dengan kualitas terbaik, tak kalah dengan produk dari luar negeri. Kalau membawa oleh-oleh memang banyak juga ya pertimbangannya, khawatir ga lolos pemeriksaan padahal yang kita bawa itu sama sekali ga membahayakan. Halal iya wajib bagi umat muslim, BPOM juga harus biar aman dan nyaman pakainya. Asyik ya di acara ini bubu Dita bisa belanja juga hihihii dan bertemu dengan teman2 komunitas blogger.

    ReplyDelete
  3. Aku setuju jastip dibatasi soalnya nanti dijadiin bisnis. Seharusnya jastip itu kan hanya untuk keluarga, teman dan kerabat dekat. Sekarang orang gak dikenal juga bisa titip sampai jumlah barang jastipnya ribuan. Sama aja kayak bisnis impor tapi gak bayar bea impor dong ya. Aku sendiri lebih sering pakai skincare lokal dan gak pernah ikutan jastip heheh.

    ReplyDelete