Oleh-oleh Khas Malang, Lebih dari Sekedar Buah Apel

by - August 25, 2024

 

oleh-oleh-khas-malang


Malang, sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alam dan udaranya yang sejuk, selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan. 

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Malang juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang selalu diburu oleh para wisatawan, termasuk Bubu dan keluarga yang akhir tahun lalu menyambangi Kota Apel ini. :) 

Kalau menurut Bubu, oleh-oleh ini bukan hanya sekedar buah tangan, tetapi juga kenangan manis yang bisa Manteman bawa pulang untuk keluarga dan teman-teman. 

Oleh-oleh apa saja yang bisa Manteman bawa pulang saat liburan di Malang?


1. Apel Malang

Ngomongin tentang Malang, tentunya nggak lengkap tanpa menyebutkan Apel Malang. Buah ini menjadi ikon kota Malang dan memiliki rasa yang khas, yaitu segar, manis, dan sedikit asam. 

Ada dua jenis apel yang paling terkenal, yaitu Apel Manalagi yang berwarna hijau dengan rasa manis dan renyah dengan buahnya yang sedikit keras, serta Apel Ana yang berwarna merah dengan cita rasa asam-manis yang menyegarkan.

Selain kedua jenis apel itu, ada lagi apel jenis Wangling, Green Smith, Princess Noble, dan Room Beauty yang ada di Malang. 

Jika ingin membawa oleh-oleh buah apel, kita bisa langsung memetiknya di berbagai destinasi wisata kebun apel. 

Apel Malang tidak hanya dijual dalam bentuk buah segar, tetapi juga diolah menjadi berbagai produk seperti keripik apel, jus apel, hingga sari apel. Produk-produk olahan ini menjadi pilihan bagi Manteman yang ingin membawa oleh-oleh dengan sentuhan khas Malang.


2. Keripik Buah

Nggak hanya apel, olahan keripik yang bisa jadi oleh-oleh dari Malang juga terdiri dari banyak buah lainnya. 

Waktu liburan ke Kota Batu dan Malang, Bubu juga membeli beberapa keripik buah lainnya, seperti keripik buah naga, keripik nangka, dan keripik salak.


keripik-apel-keripik-buah-oleh-oleh-khas-malang


Selain itu, Bubu juga melihat masih banyak keripik buah lainnya, yaitu keripik nanas, keripik rambutan, keripik mangga, keripik anggur, keripik stroberi, hingga keripik durian! :D 


Baca Juga: Istana Oleh-Oleh Brawijaya


3. Keripik Tempe

Malang ternyata juga dikenal sebagai salah satu penghasil tempe terbaik di Indonesia, lho. Oleh karena itu, nggak mengherankan jika keripik tempe menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati dari Malang. 

Keripik tempe Malang memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih. Kita bisa menemukan keripik tempe di hampir semua toko oleh-oleh di Malang. Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan, mulai dari original, pedas, hingga rasa-rasa lainnya seperti balado dan keju.

Saat ke Malang Bubu juga nggak lupa untuk membawa oleh-oleh keripik tempe dengan rasa jagung dan original. :D 


4. Bakpia Malang

Kalau biasanya bakpia identik dengan Yogyakarta, Malang juga memiliki versi bakpia. Salah satu merek bakpia Malang yang terkenal adalah Bakpia Telo, yang menggunakan bahan dasar ubi ungu. 

Teksturnya lembut dengan rasa manis alami dari ubi ungu memberikan cita rasa yang berbeda dan unik.

Selain itu ada juga jenis bakpia yang memiliki tekstur renyah. Salah satu merek bakpia jenis ini adalah Pia Cap Mangkok yang sudah ada sejak tahun 1959. Pia ini memiliki beberapa varian rasa, seperti cokelat, keju, tangkwe, green tea, kopi, dan durian.


5. Malang Strudel

Inovasi oleh-oleh khas Malang semakin berkembang dengan hadirnya Malang Strudel. Strudel adalah pastry berlapis dengan berbagai isian buah-buahan, dan Malang Strudel menjadi populer karena memadukan pastry khas Eropa dengan buah-buahan lokal seperti apel, stroberi, dan pisang.

Malang Strudel memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan, Malang Strudel menjadi pilihan oleh-oleh modern yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Baca Juga: Pengalaman Naik Kereta Api Gajayana Jakarta - Malang


6. Teh & Kopi Malang

Bagi para penikmat teh dan kopi, Manteman juga bisa menemukan teh dan kopi khas dari Malang. 

Di toko oleh-oleh, Bubu melihat ada satu merek teh, yaitu Teh Naga yang ternyata merupakan teh legendaris dari Kota Malang. Teh ini sudah ada sejak tahun 1977.


oleh-oleh-khas-malang-teh-naga

teh-oleh-oleh-khas-malang-batu


Selain itu ada juga teh merek lainnya dengan varian rasa apel yang merupakan buah khas Kota Malang. Unik, kan! 

Ada juga beberapa pilihan kopi, baik masih berupa biji kopi maupun bubuk kopi. Saat itu Bubu membeli bubuk kopi Robusta dimana kebun kopinya berada di Sumbertangkil, Tirtoyudo, Malang. Ada juga Kopi Arabica dari Batu. 


7. Aneka Kerajinan Tangan

Selain makanan, Malang juga terkenal dengan kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satunya adalah kerajinan dari bambu, kayu, dan batik. Kita bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, dompet, topi, dan hiasan dinding yang dibuat oleh para pengrajin lokal.

Kerajinan tangan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang berbeda dan lebih personal. Setiap kerajinan memiliki nilai seni yang tinggi dan mencerminkan budaya lokal Malang, menjadikannya sebagai oleh-oleh yang berharga.


oleh-oleh-khas-malang


Selain tujuh oleh-oleh di atas, Bubu juga merekomendasikan oleh-oleh lainnya, yaitu kaos dan merchandise klub sepakbola Arema Malang… :D Arema FC adalah klub sepak bola kebanggaan masyarakat Malang. Gimana, setuju nggak, Manteman? :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Aku paling suka apelnya mbaaaa. Dec besok aku ke Batu tuh, tp kayaknya ga bisa beli banyak apel malang segar. Krn sampe jkt langsung berangkat trip tahun baru. Jd kalo beli banyak, yg ada malah ga kemakan di rumah. Padahal tiap kali ke malang, pasti suruh suami beli apelnya banyakan 😄

    ReplyDelete