Ashfa Madu Borobudur, Wisata Edukasi Madu di Borobudur

by - August 25, 2024

ashfa-madu-borobudur


Jalan-jalan ke kawasan Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, bukan hanya bisa mengeksplorasi Candi Borobudur aja, lho. 

Di Borobudur, juga ada banyak sekali UMKM yang bisa dilirik dan jadi destinasi wisata! Hal ini Bubu baru ketahui saat traveling bersama keluarga ke kawasan Borobudur beberapa waktu lalu. 

Saat menunggu agak sorean untuk keliling Candi Borobudur, Bubu sekeluarga berkeliling daerah sekitar candi dengan menggunakan jasa mobil VW klasik. Nah, saat berkeliling ini, kami bisa memilih dua destinasi. 

Satu destinasi ke Punthuk Setumbu, dan satu destinasi lagi kami memilih ke salah satu UMKM di sana, yaitu Ashfa Madu Borobudur. Seperti apa tempat UMKM madu ini dan apa manfaat berkunjung ke tempat ini?


Lokasi dan Akses Ashfa Madu Borobudur

Ashfa Madu Borobudur adalah sebuah destinasi wisata edukasi yang unik di dekat Candi Borobudur. Dikenal sebagai tempat yang menggabungkan antara wisata edukasi dengan keindahan alam, Ashfa Madu Borobudur menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin lebih mengenal manfaat madu asli dan proses pembuatannya. 


sarang-lebah-ashfa-madu-borobudur


Saat sampai di tempat ini, Bubu juga melihat sudah ada banyak wisatawan yang ada di dalam Ashfa Madu Borobudur. Tempat ini ternyata sudah proper banget, lho untuk wisatawan datang. 

Lokasinya yang strategis, hanya beberapa kilometer dari Candi Borobudur, membuatnya mudah diakses dan menjadi tujuan yang menarik bagi keluarga maupun pelajar.

Ashfa Madu Borobudur tepatnya terletak di Dusun V Tanjungsari, Borobudur, Magelang. Lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur, hanya berjarak sekitar 3 km dari situs warisan dunia UNESCO tersebut. 

Akses menuju lokasinya sangat mudah, ya. Kalau nggak menggunakan wisata VW, pakai mobil pribadi tentunya juga bisa. Dengan keindahan alam sekitar yang masih asri, tempat ini menawarkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian kota, sehingga sangat cocok untuk belajar sambil berlibur.


Baca Juga: VW Tour Borobudur


Edukasi Tentang Lebah dan Madu

Salah satu keunikan dari Ashfa Madu Borobudur adalah program edukasi tentang lebah dan madu yang mereka tawarkan. Pengunjung bisa belajar langsung tentang kehidupan lebah, proses produksi madu, hingga manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari madu. 

Nah, karena ada tema edukasinya inilah, makanya Bubu memilih Ashfa Madu Borobudur jadi destinasi wisata kami sekeluarga. 


wisata-edukasi-ashfa-madu-borobudur


Begitu sampai ke tempat ini, kami langsung disambut oleh staf di sana. Kami dipandu menuju bagian belakang di mana ada sarang lebah di sana. Wah, anak-anak pun langsung tertarik untuk melihatnya. 

Beberapa program edukasi yang ditawarkan di Ashfa Madu Borobudur meliputi:

- Pengantar tentang Lebah dan Kehidupannya

Pengunjung akan diajak untuk memahami siklus hidup lebah, mulai dari peran ratu lebah, lebah pekerja, hingga lebah prajurit. Edukasi ini memberikan wawasan tentang betapa pentingnya peran lebah dalam ekosistem, khususnya dalam penyerbukan tanaman.


edukasi-di-ashfa-madu-borobudur


- Proses Pembuatan Madu

Ashfa Madu Borobudur juga menjelaskan tentang proses pembuatan madu, dari pengumpulan nektar oleh lebah hingga proses ekstraksi madu dari sarang. 


- Manfaat Kesehatan dari Madu

Program edukasi ini menjelaskan berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi madu. Madu dikenal memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.


edukasi-di-ashfa-madu-borobudur


Saat melihat sarang lebah tentunya Bubu agak khawatir. Namun tour guide di sana meyakinkan kalau lebah-lebah yang ada di sana sudah jinak dan nggak akan menggigit meskipun kami nggak memakai baju khusus saat memegang sarang lebah.  

Satu hal lagi yang Bubu suka dari tempat ini, untuk mendapatkan edukasi madu nggak dikenakan biaya alias gratis, ya! :D 


wisata-edukasi-ashfa-madu-borobudur


Baca Juga: Belajar Sejarah di Museum Borobudur


Jenis Madu yang Ada di Ashfa Madu Borobudur

Ashfa Madu Borobudur menawarkan berbagai jenis madu asli yang dihasilkan dari peternakan lebah mereka sendiri. Lebah-lebahnya berasal Bukit Menoreh. 

jenis-jenis-madu-di-ashfa-madu-borobudur

Beberapa jenis madu yang ada dan dijual di tempat ini antara lain:

1. Madu Hitam

Madu hitam Ashfa Madu Borobudur berasal dari lebah hutan yang menghisap sari bunga pohon mahoni yang kaya akan zat alkaloid. Zat ini berfungsi sebagai antiinfeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan.

Meskipun rasanya pahit, madu hitam kaya manfaat seperti mengobati anemia, membantu menurunkan kadar gula darah, membantu mengatasi nyeri sendi, dan manfaat lainnya. 


2. Madu Bunga Kaliandra

Madu Kaliandra dipanen langsung dari petani lebah di pegunungan menoreh. Madu murni bunga kaliandra berasal dari lebah yang menghisap nektar bunga kaliandra. Khasiatnya meliputi menjaga daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, melancarkan peredaran darah, dan metabolisme.


3. Madu Bee Pollen

Madu bee pollen adalah madu dengan campuran bee pollen. Bee pollen sendiri adalah salah satu produk yang dihasilkan lebah, selain madu. 

Campuran serbuk sari, nektar, dan air liur lebah ini diketahui mengandung nutrisi yang melimpah sehingga dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.


4. Madu Asli Bunga Kopi

Madu bunga kopi berasal dari lebah yang menghisap nektar bunga kopi. Manfaatnya untuk tubuh antara lain: meringankan gejala maag kronis dan gejala asam lambung tinggi, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, serta memperbaiki nafsu makan.


Baca Juga: Balkondes Borobudur


ashfa-madu-borobudur


Ashfa Madu Borobudur memiliki showroom untuk menjual berbagai jenis madunya. Selain itu, di sini juga disediakan tester dan pengunjung bisa mencicipinya langsung. 

Untuk harganya sendiri memang cukup tinggi, sekitar Rp 100 ribuan untuk 250 ml. Harga tersebut tentunya berbanding lurus dengan keaslian madu dan khasiatnya, ya.

Ashfa Madu Borobudur tentunya bukan hanya sekedar tempat untuk membeli madu asli, tetapi juga destinasi wisata edukasi yang memberikan pengalaman berbeda dalam memahami kehidupan lebah dan manfaat madu bagi kesehatan. 

Di Ashfa Madu Borobudur terdapat lahan parkir yang luas, ruang duduk, serta toilet yang proper. 

Tempat ini cocok banget jadi destinasi wisata keluarga sehingga anak-anak nggak hanya berlibur tapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan. 

Jadi, jika Manteman berkunjung ke Magelang dan ingin ke Candi Borobudur, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Ashfa Madu Borobudur juga!


Ashfa Madu Borobudur

Instagram: @ashfaqozinmadu


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Skr ini ya mba, cari madu murni itu susaaaaaaaah. Semuanya pake tambahan gula yg dibuat pabrikan. Makanya aku udh stop minum madu yg dulu setelah tahu ada gula tambahan juga.

    Lbih aman memang kalo beli lgs dr petani nya gini. Asli. Ga ditambahin macem2. Manisnya memang madu. Dan yg asli memang mahal sih. 👍

    ReplyDelete