Pengalaman Berkunjung ke Gramedia Slamet Riyadi Solo

by - July 14, 2024

gamedia-slamet-riyadi-solo


Sudah berkali-kali ke Solo dari kecil, tapi rasanya baru kali ini Bubu benar-benar merasakan mengeksplorasi Gramedia yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Solo. 

Bukan di mal atau di gedung modern, toko buku ini menempati sebuah bangunan tua yang terlihat estetik dan berbeda dengan bangunan- bangunan di sekelilingnya. 

Sebenarnya, gedung Gramedia di Jalan Slamet Riyadi Solo ini dulunya gedung apa, ya? Yuk, simak cerita Bubu di bawah ini sekaligus pengalaman Bubu sekeluarga ke toko buku ini!


Gramedia yang Berbeda Dari Lainnya

Gramedia ini sempat pernah viral di social media. Ya, gimana nggak, ya. Biasanya kalau ada tempat unik dan berbeda dari lainnya pasti bikin masyarakat jadi penasaran, kan. 

Rasa penasaran pengguna social media akhirnya terjawab dengan cerita dari beberapa konten mengenai gedung Gramedia di Jalan Slamet Riyadi Solo ini. 

Nah, saat ke Solo beberapa waktu lalu Bubu dan keluarga menginap di Hotel Dana. Kebetulan banget hotel yang juga bersejarah ini berada tepat di samping Gramedia Slamet Riyadi. 

Makanya Bubu dan keluarga pun menyempatkan diri untuk masuk ke dalam toko buku ini, walaupun hanya sempat di saat malam tiba. 

Dari luar, bangunan Gramedia ini memang bergaya vintage  seperti bangunan masa lalu yang mengadopsi ciri bangunan kolonial. Kini gedung Gramedia ini termasuk ke dalam bangunan cagar budaya yang dilindungi.


Baca Juga: Bus Double Decker Rosalia Indah Cibubur - Solo


Ternyata sebelum menjadi Gramedia seperti sekarang, gedung ini dulunya adalah sebuah rumah pribadi, lho. 

Tepatnya rumah seorang dokter bernama Prof. Dr. K. R. T. Mohammad Saleh. Dokter inilah yang menjadi dokter pribadi Keraton Kasunanan Surakarta dan sempat merawat Pakubuwono X dan Pakubuwono XI. 

Rumah ini juga ternyata diberikan oleh Pakubuwono X kepada Dr. Saleh. Selain sebagai dokter pribadi keraton, Dr. Saleh dulunya juga dikenal sebagai Kepala Rumah Sakit Kadipolo Solo.  

Nah, salah satu anak dokter tersebut adalah seorang cendekiawan populer, yaitu Soedjatmoko. Karena itulah bangunan gedung Gramedia ini kemudian dinamakan Balai Soedjatmoko. 

Begitu masuk ke dalam gedung ini vibes masa lampau begitu terasa. Dari mulai tegel bermotif hingga adanya deretan lemari kayu hitam dengan ukiran. 

Di dalam ruangan itu terdapat berbagai buku yang dijual dan terlihat seperti halnya bazar buku. 

Hal menarik dari Gramedia ini adalah perpaduan antara konsep vintage dan modern. Di mana sisi modernnya?


Tetap Ada Unsur Modern

Nah, makin masuk ke dalam gedung Gramedia ini, Bubu sekeluarga pun menuju ke lantai dua. Dan di sanalah terlihat ruangan besar dengan berbagai buku, stationery, dan berbagai barang lainnya yang dijual Gramedia. 

Di lantai dua inilah baru terlihat toko buku Gramedia seperti haknya toko buku Gramedia lain yang ada di berbagai tempat. Suasananya terang, luas, dan cukup rapi. 

Meski Bubu mampir ke toko buku ini saat malam, masih banyak pengunjung juga di dalam. Ya, toko buku ini tampak hidup dan memang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Di Gramedia ini, Yaya dan anak-anak juga sempat membeli komik. Lumayan banget bisa dibaca di perjalanan pulang kami dari Solo ke Depok keesokan harinya… :) 

gamedia-slamet-riyadi-solo


Baca Juga: Pengalaman Menginap di Ramada Suite by Wyndham Solo


Manteman ada yang sudah pernah ke Gramedia Slamet Riyadi ini juga? atau pernah ke toko buku Gramedia lainnya yang memiliki bentuk gedung unik dan bersejarah? Yuk, cerita juga di kolom komentar… 


Gramedia Slamet Riyadi Solo

Jl. Slamet Riyadi No.284, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

Jam Operasional:

Hari : Senin - Minggu

Jam : 09.00 - 21.00 WIB

☎ (0271) 741888

📱0856-4277-8416

@gramedia_soloslametriyadi


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

2 komentar

  1. Pas baca judulnya juga saya sempat ngebatin "emang apa bedanya dengan gramedia yang lainnya?" pas lihat foto dan baca tulisannya saya juga ikut kagum. Kalau begini bisa disebut juga sebagai wisata literasi. ^^

    ReplyDelete
  2. Malu juga nih sebagai istri orang solo, aku baru tau tempat ini 🤣🤣🤣. Kok ga merhatiin yaaa, padahal lokasinya di bangunan sendiri. Tp jd tahu sejarah dari bangunannya mba 👍.

    Tapi memang tiap traveling ke luar kota aku jrg sih ke gramedia. Apalagi kalo tumpukan buku di rumah msh banyak yg blm kebaca. Itu makanya jarang melihat tempat2 gramedia yg kadang unik dan cantik macam yg solo dan jogja itu

    ReplyDelete