Menelusuri Jejak Sejarah di Rumah Presiden Depok

by - July 13, 2024

menelusuri-jejak-sejarah-di-rumah-presiden-depok


Di balik hiruk pikuk Kota Depok tersimpan jejak sejarah menarik tentang keberadaan rumah presiden. Rumah ini bukan milik presiden Republik Indonesia, melainkan Presiden Depok, sebuah republik mandiri yang pernah berdiri di wilayah tersebut pada masa penjajahan Belanda.

Sebagai warga Depok dari kecil, aku juga baru tahu kalau dulunya Depok ternyata punya presiden sendiri. tentunya presiden ini memiliki rumah dan istana tempatnya bekerja. 

Gimana sampai Depok bisa punya presiden dan seperti apa rumah kediamannya???


Munculnya Jabatan Presiden di Depok 

Jabatan presiden di Depok awalnya ada karena Depok menjadi wilayah yang otonom, nggak berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda.

Dulunya Depok merupakan tanah partikelir atau tanah privat yang bukan dimiliki oleh pemerintah. Yang memiliki tanah di Depok adalah seorang Belanda kaya bernama Cornelis Chastelein. 

Tanah milik Chastelein ini tidak dikuasai dan tidak dikelola oleh Belanda. Jadi memang benar-benar diurus oleh Chastelein menjadi lahan pertanian. Untuk mengurus lahan ini, Chastelein mendatangkan budak-budak dari Bali, Makassar, sampai Maluku.

Para budak tersebut diperlakukan dengan baik, diberi marga, dan kemudian dimerdekakan. Terdapat 12 marga Depok, antara lain: Jacob, Joseph, Loen, Leander, Laurens, Isakh, Bacas, Samuel, Soedira, Tholense, dan Zadokh.  

Penduduk yang mendiami kawasan Depok ini pun semakin berkembang dan disebut sebagai Kaoem Depok atau Belanda Depok. 

Karena wilayah Depok merupakan wilayah otonom atau berdiri sendiri, akhirnya dibentuklah pemerintahan tersendiri yang nggak berada di bawah Belanda. 

Konsep bentuk pemerintahan ini disebut Gemeente Depok  dan dikelola oleh Dewan Kota Depok. 

Pemimpin wilayah kota ini kemudian sebutannya bukan walikota, melainkan presiden. Nah, karena itulah Depok akhirnya memiliki presiden dan juga istana presiden. :) 

Berikut ini Bubu tulis di bawah juga, ya, daftar presiden Depok dari masa ke masa. 

1. Gerrit Jonathans (14 Januari 1913–1921)

2. Martinus Laurens (1921–1930)

3. Leonardus Leander (1930–1949)

4. Johannes Matijs Jonathans (1949–4 Agustus 1952)

Pemilihan presiden ini dilakukan secara internal. Terlihat, kan, yang menjabat sebagai presiden adalah para Kaoem Depok sendiri yang memiliki nama marga. 

Bisa dibilang saat Indonesia merdeka tahun 1945, Depok belum menjadi bagian dari Indonesia merdeka. 

Barulah pada tahun 1952, Depok bergabung dengan Republik Indonesia dan sudah tidak ada lagi jabatan presiden di Depok. 

Baca Juga: Kopi Bajawa Flores Depok

 

Rumah Bersejarah Presiden Depok 

Rumah Presiden Depok terletak di Jalan Pemuda No. 11, Depok Lama. Rumah Presiden Depok terletak di lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan pusat kota Depok Lama.

Dahulu, wilayah ini merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian Depok. Hal ini menjadikan rumah presiden sebagai tempat yang penting dalam pengambilan keputusan dan aktivitas pemerintahan.

Rumah Presiden Depok kini menjadi salah satu cagar budaya di Kota Depok. Sekilas, rumah ini tampak biasa dan sederhana dengan arsitektur khas kolonial. Dinding bata berwarna putih, jendela besar khas rumah kolonial tempo dulu, dan ada juga halaman kecil yang asri. 

Namun, dibalik kesederhanaannya, rumah ini menyimpan banyak cerita tentang masa lampau Depok.


menelusuri-jejak-sejarah-di-rumah-presiden-depok


Bubu pernah ke rumah Presiden Depok dua kali. Pertama saat mengikuti walking tour bersama Wisata Kreatif Jakarta (WKJ). Dan kedua saat walking tour bersama Jakarta Good Guide (JGG). 

Sebenarnya kedua walking tour ini sama-sama mengulas tentang sejarah Depok dan ke kawasan Depok Lama. Tapi ada beberapa destinasi yang berbeda. Nah, salah satu destinasi yang sama adalah rumah Presiden Depok ini. 


Baca Juga: SDN Pancoranmas 2 Depok, Cagar Budaya di Depok


Pada walking tour pertama dengan WKJ, Bubu dan rombongan sempat masuk ke dalam rumah Presiden Depok. Bukan masuk ke bagian ruang tamu hingga kamar, ya, karena kini rumah tersebut masih ditempati oleh keturunan Presiden Depok terakhir. 

Bubu hanya masuk ke dalam satu ruangan yang berada di bagian paling depan. Nah, katanya ruang ini merupakan ruang kerja Presiden Depok. 

Ruang tersebut kini rasanya mirip seperti museum mini. Ada banyak benda-benda yang dulu dipakai oleh Presiden Depok dan masih ada sampai tahun 2022 ketika Bubu ke sana. 

Terdapat meja kerja, mesin jahit, sofa, kursi, pajangan, foto-foto masa lalu, majalah, koran, dan masih ada beberapa benda bersejarah lainnya. 

rumah-presiden-depok

rumah-presiden-depok

rumah-presiden-depok


Nah, pada kunjungan kedua di tahun 2024, Bubu dna rombongan nggak masuk ke dalam rumah presiden Depok. Namun kami disambut oleh Bapak Yahya Jonathans yang merupakan keturunan dari Presiden Depok terakhir, Johannes Matijs Jonathans.

Bubu dan teman-teman walking tour mendengarkan kisah Bapak Yahya di teras rumah. 


rumah-presiden-depok


Baca Juga: Rumah Tjempaka Depok


Rumah Presiden Depok bukan hanya sebuah bangunan tua, tetapi juga simbol sejarah dan budaya Depok. Keberadaannya menjadi pengingat akan masa lampau Depok sebagai sebuah republik mandiri.

Rumah ini juga menjadi bukti kegigihan dan perjuangan masyarakat Depok dalam mempertahankan identitas dan budayanya. 

Dan alhamdulillah banget saat ini juga ada beberapa walking tour dalam menjelajahi Kota Depok sehingga sejarah masa lalu Depok pun mulai banyak diketahui masyarakat luas. 

Nah, bagi Manteman para pecinta sejarah dan budaya, mengunjungi rumah presiden Depok adalah sebuah pengalaman yang menarik. Di sini, Manteman dapat mempelajari sejarah Depok, melihat peninggalan masa lampau, dan merasakan atmosfer kehidupan di masa kolonial. 

Kalau beruntung seperti Bubu, Manteman juga bisa bertemu dengan keturunan presiden terakhir di Depok juga dan mendengar kisahnya langsung. Yuk, eksplor kota Depok bareng-bareng! :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

9 komentar

  1. Aku sebagai orang yang berdomisili di Depok jujur baru tahu tentang sejarah Depok yang ternyta dulu pernah punya presiden. Duh malu jadinya. Menarik banget ini Mba ulasannya, aku jadi penasaran ingin juga ke sana buat menggali lebih dalam sejarah dari kota yang kini kutinggali ini. Informatif sekali Mb artikelnya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Wah, baru lewat tulisan ini jadi tahu soal rumah bersejarah. Mantengin sih info kedua walking tour itu, tapi mungkin terlewat yaa. Kapan-kapan menarik juga buat dikunjungi, sama anak-anak juga bisa ya sekalian belajar sejarah.

    ReplyDelete
  3. jujurly aku baru tau ini adanya jejak sejarah di rumah presiden depok, makasi loh mba buat ulasannya sangat menarik dan menambah wawasan juga

    ReplyDelete
  4. Baru engeh daku tentang Presiden Depok lewat artikel ini. Kerennya masih terjaga ya benda² peninggalannya.

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu lho ada Presiden Depok beneran guyonan Negara Depok nyata adanya zaman dulu ya bahkan rumah dan barang peninggalan sejarah masih ada dan terpelihara

    ReplyDelete
  6. Nambah wawasan banget soal per-Depok-an. Jadi penasaran juga untuk mengunjungi rumah Presiden Depok, apalagi bisa ngobrol dengan keturunan presiden terakhir.

    ReplyDelete
  7. Wah, baru kali ini aku denger ada Presiden Depok. Menarik ya ternyata, jaman dulu ada wilayah yang dikelola secara mandiri oleh perorangan begini. Mungkin kalo sekarang, munculnya di zaman modern, istilahnya kayak owner/founder bisnis gitu kali ya, pengusaha yang punya tanah banyak. Presdir atau CEO gitu lah ya. Berarti Bapak Yahya yang keturunan presiden terakhir itu nggak menempati rumah ini ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Wah, seru banget mbak.
    Bisa mengunjungi rumah bersejarah presiden di Depok
    Bahkan bisa ngobrol dengan keturunan presiden ya

    ReplyDelete
  9. Sebagai warga LA (Lenteng Agung) saya pernah mendengar soal Depok yang punya presiden sendiri sih, tapi ya cuma selentingan dan cukup tahu aja. Saya tidak pernah tahun infonya secara mendetail seperti ini, dan karena memang gak nyari juga sih. hehehe..

    Kapan-kapan main ke Depok lagi kayaknya harus main ke rumah presiden Depok ini deh. Seingatku, Depok nih punya beberapa sejarah yang unik yang bisa digali lebih dalam lagi.

    ReplyDelete