Menjelajahi Sejarah Bogor di Galeri Bumi Parawira Bogor

by - July 28, 2024

galeri-bumi-parawira-bogor


Social media, baik Instagram maupun TikTok sudah tentu jadi referensi Bubu kalau mau jalan-jalan bareng keluarga. 

Kebetulan banget pas anak-anak libur, Bubu mau ngajak jalan-jalan ke tempat yang dekat dari Depok. Bisa dicapai dengan mudah lewat transportasi umum dan nggak makan waktu lama. 

Setelah searching dan melihat banyak kontan, akhirnya Bubu memutuskan untuk mengajak anak-anak ke Perpustakaan Kota Bogor. 

Ada alasan lain mengajak mereka ke Perpustakaan Kota Bogor. Selain karena .lokasinya memang dekat sekali dengan Stasiun Bogor, tinggal jalan kaki aja, di gedung Perpustakaan Bogor juga ada Galeri Bumi Parawira!

Nah, di berbagai konten social media, Bumi Parawira sudah di-review oleh banyak kreator. 

Pas Bubu lihat konten-kontennya memang menarik banget, sih, tempatnya. Ya, secara di Depok juga belum ada, nih, tempat yang seperti Galeri bumi Parawira Bogor… :D 

Sebenarnya tempat seperti apa, sih, Galeri Bumi Parawira? 

Tempat ini merupakan sebuah destinasi wisata edukatif yang menawarkan perjalanan waktu melalui lukisan-lukisan dan diorama yang memukau. Ada banyak cerita sejarah masa lalu sampai masa kini yang bisa kita pelajari di tempat ini! 


Pintu Masuk Futuristik!

Bumi Parawira berada di lantai dua gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. 

Setelah Bubu dan anak-anak selesai membaca beberapa buku dan majalah di perpustakaan, kami langsung menuju lantai dua dan masuk ke dalam Bumi Parawira. 

Begitu masuk, Bubu dan anak-anak langsung disambut lorong dengan cahaya biru. Kesan futuristik langsung terasa begitu melewati lorong ini… :) 

Awalnya saja udah menarik gini, Bubu jadi nggak sabar untuk mengeksplorasi bagian dalam Bumi Parawira! 


Bogor dalam Lukisan

Begitu melewati lorong futuristik, Bubu dan anak-anak masuk ke dalam beberapa ruangan di Bumi Parawira. 

Sejak memasuki galeri, kami melihat beragam lukisan yang menghiasi dinding. Setiap lukisan menceritakan kisah unik tentang Kota Bogor dari masa ke masa. Mulai dari zaman Kerajaan Pajajaran hingga era modern, semuanya digambarkan dengan detail yang memukau.

 


Meski tentang sejarah, Boo dan Mika cukup menikmati adanya lukisan-lukisan yang ada di dalam galeri. Apalagi lukisannya juga berukuran besar, kan. 

Baca Juga: Liburan Seru di Perpustakaan Anak Kota Bogor


Diorama dan Instalasi yang Menghidupkan Sejarah

Selain lukisan, Galeri Bumi Parawira juga menyajikan beberapa diorama yang sangat menarik. Salah satu diorama yang paling membekas di ingatan adalah diorama pembangunan Tugu Kujang. 

Melalui diorama ini, kami dapat melihat bagaimana proses pembangunan tugu ikonik Kota Bogor tersebut dilakukan. Ada pula diorama yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Bogor pada masa lalu, lengkap dengan rumah-rumah tradisional, pasar, dan kegiatan masyarakat.




Tema-tema yang Dipresentasikan di Bumi Parawira

Galeri Bumi Parawira menyajikan berbagai tema menarik yang berkaitan dengan sejarah Kota Bogor. Beberapa di antaranya adalah:

Kerajaan Pajajaran

Mengupas sejarah Kerajaan Pajajaran sebagai kerajaan besar yang pernah berdiri di wilayah Bogor. Di tema ini terdapat beberapa lukisan, seperti: Penobatan Sri Baduga Maharaja, Perjanjian Pajajaran dan Portugis, Runtuhnya Kerajaan Pajajaran, dan lukisan lainnya. 

Di ruangan tema ini pula terdapat replika Prasasti Batu Tulis, replika Prasasti Padrao, serta replika tombak kerajaan Pajajaran. Ada juga diorama atau patung prajurit Kerajaan Pajajaran. 



Masa Kolonial

Menampilkan bagaimana Kota Bogor berubah selama masa penjajahan Belanda. Di sini pengunjung bisa melihat replika Istana Bogor tahun 1821. Ada pula berbagai lukisan, seperti: Pembangunan Jalan Pos Daendels, Perlawanan Besar Kyai Tapa, Penangkapan Raden Saleh, Pasukan PETA, sam[ai Pidato Soekarno di Lapangan Sempur. 


Masa Revolusi & Orde Lama

Menggambarkan perjuangan rakyat Bogor dalam meraih kemerdekaan dan pembangunan kota setelah kemerdekaan di masa revolusi dan orde lama.

Di masa ini ditunjukkan beberapa poster propaganda revolusi, lukisan wafatnya Kapten Muslihat asal Bogor, Blusukan Soekarno di Pasar Bogor, juga Demonstrasi oleh Soe Hok Gie.  


Masa Orde Baru, Reformasi, & Pemimpin Kota Bogor

Pada masa ini terdapat berbagai cerita tentang pembangunan di Kota Bogor. Bubu sempat melihat instalasi berupa kendaraan bemo, pembangunan Tugu Kujang 1982, lukisan Deklarasi Bogor pada Konferensi Asia Pasifik 1994, Cap Go Meh pertama di Kota Bogor, hingga  menyoroti kiprah para pemimpin Kota Bogor dari masa ke masa.


Covid 19

Masa covid 19 juga turut diabadikan dalam Bumu Parawira. Terdapat instalasi seni berupa masker-masker yang terpajang di dinding. 

Baca Juga: Fun Trekking di Mulyaharja Bogor


Jam Buka Bumi Parawira

Galeri Bumi Parawira tepatnya berlokasi di:

Jl. Kapten Muslihat No.21, RT.01/RW.01, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Tempat ini buka setiap hari Selasa - Minggu pukul 09.00 - 14.30 WIB.


Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Galeri Bumi Parawira sebesar Rp 15 ribu / orang. Harga tiket masuk ini sama ya untuk anak dan dewasa. 

Kalau menurut Bubu harga tiket ini agak mahal kalau buat pelajar. Kalau buat dewasa okelah, tapi kalau buat anak-anak dan pelajar sebaiknya, sih, bisa lebih murah lagi supaya makin banyak pelajar yang bisa menikmati Bumi Parawira juga tanpa terkendala biaya. 

Baca Juga: Keliling Kebun Raya Bogor dengan Golf Car


Spot Foto Menarik di Bumi Parawira

Galeri Bumi Parawira tidak hanya menyajikan informasi sejarah, tetapi juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik. Beberapa spot foto yang wajib dicoba antara lain:

  • Di depan lukisan-lukisan besar

Manteman bisa berpose di depan lukisan-lukisan yang menggambarkan sejarah Kota Bogor.

  • Di dekat diorama

Beberapa diorama dirancang sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat berfoto di dalamnya.

  • Di dekat instalasi seni

Galeri ini juga memiliki beberapa instalasi seni yang unik dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Instalasi seni tersebut diantaranya: instalasi covid 19, instalasi hujan, instalasi ruang tv rumah tahun 90-an, dan lainnya.


Kunjungan kami ke Galeri Bumi Parawira merupakan pengalaman yang sangat menarik. Bubu nggak hanya mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah Kota Bogor, tetapi juga menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama anak-anak. 

Selain itu di Bumi Parawira juga terdapat banyak spot foto yang bisa dijadikan tempat untuk foto bersama keluarga atau teman. 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Terkadang sedihnya, ada beberapa museum yg tiketnya lbh murah dari itu tp tetep sepi mba :(. Ntahlah, orang2 sini apa ga suka ke museum yaaa.

    Aku dan anak2 termasuk yg sukaaa bgt. Bagi kami museum tempat terasyik utk belajar sejarah. Lbh mudah inget dan membayangkan 👍.

    ReplyDelete