Tugu Kunstkring Paleis, Bangunan Bersejarah Kini Jadi Restoran Mewah

by - June 23, 2024


Di jantung kota Jakarta, berdiri megah sebuah bangunan bersejarah dengan arsitektur kolonial Belanda yang menawan, Tugu Kunstkring Paleis. 

Dulunya, tempat ini merupakan pusat kegiatan seni dan budaya Hindia Belanda, kini menjelma menjadi restoran mewah yang memadukan cita rasa kuliner nusantara dengan nuansa artistik yang memukau.

Mau tahu cerita bangunan menarik ini???


Walking Tour ke Tugu Kunstkring Paleis

Bubu sudah beberapa lama mengetahui tentang bangunan bersejarah ini. Bentuknya unik dan memang kental sekali arsitektur masa kolonialnya kalau dilihat dari luar. 

Akhirnya kesampaian juga bisa masuk ke dalamnya saat Bubu mengikuti walking tour dari Jakarta Good Guide. Rute yang Bubu ikuti adalah Niew Gondangdia. 


Tugu Kunstkring Paleis memang berada di kawasan Gondang Menteng, Jakarta Pusat. Kalau dari Stasiun Gondangdia jaraknya dekat sekali, tinggal jalan kaki aja sekitar 2-3 menit sudah sampai di bangunan bersejarah ini. 

Setelah sampai di depan gedung, tour guide Kak Roby saat itu meminta izin dulu apakah kami bisa masuk ke dalam Tugu Kunstkring Paleis ini. 

Alhamdulillah banget kami diizinkan masuk untuk mengeksplorasi bagian dalam bangunan. Saat kami sampai, bangunan bersejarah yang kini sudah menjadi restoran mewah memang baru saja buka. Makanya mungkin kami diizinkan masuk juga karena suasana di dalam restoran masih sepi dan belum ada customer. 

Dari luar bangunan ini terlihat besar. memang bukan seperti gedung modern dengan banyak lantai, ya. Tapi tetap terlihat indah dan megah. 

Apalagi halaman depannya juga tampak luas. Ada beberapa kursi juga yang ditaruh di halaman tersebut untuk pengunjung. 



Sejarah Singkat Tugu Kunstkring Paleis

Begitu masuk ke dalam Tugu Kunstkring Paleis Bubu beneran takjub dibuatnya. Berasa jadi tamu kerajaan! 

Bagian dalamnya terdapat banyak ornamen klasik khas Eropa. Berpadu juga dengan gaya interior khas Jawa, membuat restoran mewah ini jadi makin menarik. Area dalamnya luas dengan suasana temaram. Rasanya makin betah, deh, ada di sini.

Memasuki ruangan lainnya, suasana berubah seperti di Tiongkok masa lampau. Meski ornamen oriental terasa kental di sini, tetap ada juga unsur Jawa di sini. 




Restoran ini mengusung konsep fine dining, cocok digunakan untuk acara-acara formal. Dan dari website-nya Bubu juga jadi tahu kalau Tugu Kunstkring Paleis juga bisa dijadikan venue untuk acara pernikahan. 

Dibangun pada tahun 1914 atas prakarsa Nederlandsch Indische Kunstkring (NIK), sebuah perkumpulan seni Hindia Belanda, Tugu Kunstkring Paleis awalnya berfungsi sebagai wadah bagi para seniman dan pecinta seni untuk berkumpul, bertukar ide, dan memamerkan karya mereka.

Dulunya bangunan ini juga menjadi tempat pertunjukkan dan galeri seni. Bahkan lukisan pelukis terkenal, seperti Van Gogh sampai Picasso pernah, lho, dipamerkan di sini.

Bangunan ini sendiri dirancang oleh arsitek ternama Belanda, Pieter Adriaan Jacobus (PAJ) Moojen, dan menjadi simbol kejayaan seni dan budaya pada masa kolonialisme.

Seiring pergantian zaman, Tugu Kunstkring Paleis mengalami berbagai perubahan fungsi. 

Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini dialihfungsikan sebagai kantor propaganda. Setelah kemerdekaan Indonesia, Tugu Kunstkring Paleis sempat menjadi tempat Majelis Islam Ala Indonesia. Kemudian pernah beralih fungsi juga menjadi kantor Djawatan Imigrasi.

Sempat kosong lama, lalu gedung ini menjadi bar dan sejak 2013 menjadi bagian dari Grup Tugu menjadi Tugu Kunstkring Paleis di mana terdapat restoran, coffee shop, dan juga galeri seni seperti awal berdirinya. 



Keunikan dan Daya Tarik Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis memiliki daya tarik yang tak terlupakan. Perpaduan arsitektur kolonial yang megah dengan interior Jawa yang elegan menciptakan suasana yang istimewa. 

Koleksi seni yang dipajang di seluruh penjuru ruangan menambah nilai estetika dan memperkaya pengalaman bersantap para pengunjung. 

Nah, saat Bubu ke sini, Bubu memang tidak mencoba santapan yang ada. Kalau Manteman mau tahu ada menu apa saja di sini, bisa langsung ke akun social medianya, ya. Di sana ada informasi tentang menu dan juga harganya. 

Lebih dari sekadar restoran, Tugu Kunstkring Paleis merupakan sebuah landmark bersejarah yang menyimpan jejak perjalanan panjang seni dan budaya Indonesia. 





Tugu Kunstkring Paleis

Jalan Teuku Umar No. 1

Menteng, Jakarta Pusat.

IG: @kunstkring

Website: https://tuguhotels.com/restaurants/jakarta/kunstkring/ 


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar