SDN Pancoran Mas 2 Depok, Cagar Budaya di Depok yang Terabaikan

by - June 02, 2024


Siapa sangka bangunan sekolah ini ternyata adalah salah satu cagar budaya di Kota Depok!

Terlihat dari jendela-jendela dan pintu-pintu yang ada pada sekolah ini mengingatkan pada bangunan yang ada pada masa era kolonial Belanda. Ya, inilah SDN Pancoran Mas 2 Depok yang merupakan sekolah dasar pertama di Kota Depok.


Sejarah SDN Pancoran Mas 2 Depok

SDN Pancoran Mas 2, yang terletak di Jalan Pemuda No. 32 Pancoran Mas, Depok ini bukan sekadar sekolah biasa. 

Di balik gerbangnya yang kini sudah berkarat dan rusak, terukir kisah panjang sejarah yang menjadikannya saksi bisu perjalanan Kota Depok.

Dulu sekolah ini dibangun pada 1886. Atas prakarsa Cornelis Chastelein, seorang tuan tanah, didirikanlah sebuah sekolah khusus untuk anak-anak elit Belanda dan masyarakat berdarah biru di Depok. Sekolah ini kemudian dikenal dengan nama Sekolah Rakyat Depok (Hollandsche School atau Depoksche Europeesche School. 

Sekolah ini terus digunakan bahkan sampai kemerdekaan dan berlanjut hingga tahun 1961 namanya menjadi Sekolah Dasar Pancoran Mas 2. Saat itu Depok masih berada di bawah Kabupaten Bogor. 

Hingga pada akhirnya Depok menjadi kota sendiri tahun 1999, pengelolaan sekolah ini menjadi tanggung jawab Disdik Kota Depok. 

Sebenarnya SDN Pancoran Mas 2 ini menjadi milik YLCC atau Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein. Nah, yang Bubu dengar ceritanya, Pemerintah Kota Depok menyewa bangunan sekolah ini kepada YLCC. 


Kondisi SDN Pancoran Mas 2 Depok Saat Ini

Jika Manteman melewati Jalan Pemuda Depok, bisa jadi nggak ngeh dengan keberadaan sekolah ini. 

Saat ini sudah tidak ada lagi suasa-suara murid dari dalam gedung sekolah, sudah tidak ada lagi suara guru mengajar atau suara riuh saat waktu pulang sekolah. 

Kini, SDN Pancoran Mas 2 Depok sudah tidak lagi beroperasi. Saat Bubu walking tour menyambangi beberapa cagar budaya di Depok Lama, SDN Pancoran MAs 2 ini termasuk destinasi yang disambangi. 

Rasanya sedih banget melihat halaman sekolah sudah tertutup daun-daun kering yang berantakan. Bagian tembok sekolah, jendela, dan pintu juga terlihat kotor. 

Ternyata sekolah ini sudah tidak lagi digunakan sejak tahun 2021. Di tahun tersebut Dinas Pendidikan Kota Depok memutuskan untuk tidak memperpanjang sewa bangunan. 

Murid-murid yang ada di sekolah ini kemudian dialokasikan ke SDN Depok 01 yang masih terletak di jalan yang sama. 

Awalnya memang ada kerusakan di beberapa sudut bangunan ketika sekolah ini masih beroperasi. Sampai akhirnya kerusakan tidak direnovasi hingga bangunan tidak lagi digunakan.

Sayang banget, sih, ya bangunan yang punya nilai sejarah tinggi ini justru terabaikan. Padahal SDN Pancoran MAs 2 sudah ditetapkan sebagai cagar budaya pada tahun 2019 oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Depok. 

Bubu berharap banget baik YLCC maupun pemerintah Kota Depok bisa berupaya untuk melestarikan bangunan ini dan direvitalisasi kembali. 

Seperti juga halnya bangunan RS Harapan di Jalan Pemuda juga yang merupakan cagar budaya namun kini pun nasibnya juga terbengkalai dan tidak terawat. 

Jika Manteman di Depok ingin melihat langsung kondisi SDN Pancoran Mas 2 Depok, Manteman bisa ke Kopi Bajawa Flores Depok. Nah, lokasi sekolah ini ada di seberang Kopi Bajawa. Saat ini meski sekolah tidak beroperasi lagi tapi Bubu juga melihat ada gerobak pempek di depannya. :) 


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar